Skip to main content

AMCO Design

Digital Marketing

Apa yang Pelaku Bisnis Perlu Ketahui Tentang Whatsapp Business

Pada Januari 2018, Whatsapp secara resmi telah meluncurkan aplikasi baru yang diberi nama Whatsapp Business. Ini merupakan sebuah aplikasi terpisah dari Whatsapp Mesangger yang sudah lebih dulu dikenal publik. Sesuai namanya, Whatsapp Business ini lebih diperuntukkan bagi para pelaku bisnis, terutama untuk usaha kecil menangah agar bisa berkomunikasi dengan customer secara langsung. Untuk bisnis yang ingin memiliki akun Whatsapp Business, maka mereka harus menjalani proses verifikasi dari pihak Whatsapp sendiri berupa pengecekan apakah nomor Whatsapp Business yang digunakan sesuai dengan nomor telepon yang terdaftar untuk bisnis tersebut. Menariknya, untuk Whatsapp Business, nomor telepon yang bisa didaftarkan tidaklah harus nomot telepon selular, melainkan bisa nomor telepon kabel kantor. Selain itu, kreadibilitas dari bisnis yang mendaftar juga menjadi faktor lain yang menentukan apakah nomor Whatsapp Business akan terverifikasi atau tidak. Akun Whatsapp Business yang telah diverifikasi akan mendapatkan pin berwarna hijau di profile Whatsapp Business mereka. Tujuan dari proses verifikasi ini adalah agar nomor Whatsapp Business yang terdaftar tidak akan disalahgunakan oleh pihak-pihak lain yang yang berniat untuk melakukan penipuan.

 

Sekilas, Whatsapp Messanger dan Whatsapp Business tidak begitu banyak memiliki perbedaan. Namun, sebenarnya, Whatsapp Business memiliki beberapa fitur utama yang sangat berguna untuk keperluan bisnis. Misalnya seperti adanya fitur penjawab otomatis “quick replies” yang dapat digunakan jika customer menanyakan pertanyaan-pertanyaan umum seputar produk atau servis yang ditawarkan, “greeting message” yang akan dikirimkan secara otomatis untuk customer yang baru bertama kali berhubungan dengan bisnis, dan “away message” yang diperuntukkan saat bisnis sedang tidak beroperasi. Dalam aplikasi Whatsapp Business ini, user juga dapat mengetahui laporan mengenai berapa banyak pesan yang telah terkirim dan terbaca. Terakhir, yang paling membedakan Whatsapp Business dan Whatsapp Messanger pada umumnya adalah kemungkinan untuk memasukkan profil bisnis yang lebih lengkap seperti kategori bisnis, jam operasional, alamat email, dan website URL yang tentunya akan semakin mempermudah customer mendapatkan informasi lebih mengenai bisnis tersebut.

 

Secara keseluruhan, kehadiran Whatsapp Business benar-benar bisa membantu pelaku bisnis untuk semakin dekat dengan customer dalam melayani kebutuhan mereka. Lini bisnis yang disarankan untuk mulai menggunakan kanal komunikasi ini adalah jasa konsultasi, agen perumahan, bank, asuransi, atau perusahaan jasa lainnya. Namun, opsi ini  tetap tidak akan menutup kemungkinan untuk diterapkan oleh para pelaku bisnis retail juga. Intinya, semakin banyak kanal yang sebuah bisnis punya untuk berkomunikasi dengan customer, semakin besar juga kemungkinan yang bisnis itu miliki untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan tentunya penjualan.